Minggu, 01 Februari 2015


PERTAMINA PROLIGA 2015: Gandeng Sponsor Baru, Sistem Kompetisi Dibenahi

PERTAMINA PROLIGA 2015 185x270mm-0
Perhelatan kompetisi bola voli di Tanah Air, Proliga 2015 kembali digelar mulai 6 Februari hingga 19 April 2015 mendatang. Gelaran kompetisi yang kini diberi nama ‘Pertamina Proliga 2015’ akan diikuti 5 tim putra dan 7 tim putri dan digelar di 8 kota di Indonesia.
“Pro liga tahun ini menggandeng sponsor baru, yaitu Pertamina sehingga nama event kompetisi bola voli terbesar di Tanah Air ini kami beri nama menjadi Pertamina Proliga 2015. Kami berharap dengan sponsor baru yang merupakan BUMN dengan reputasi Internasional tersebut dapat menjadikan penyelenggaraan kompetisi ini menjadi lebih baik,” kata Direktur Proliga, Hanny S Surkatty di Jakarta, Rabu (21/1/2015).
Lima tim putra, yaitu Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Samator, Jakarta Electric PLN, Jakarta BNI 46, dan Palembang Bank Sumsel Babelakan berlaga memperebutkan posisi terbaik. Adapun, untuk tim putri terdiri dari Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Popsivo PGN, Jakarta Electric PLN, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta BNI 46, Gresik Petrokimia dan Jakarta Bank DKI.
Tim-tim tersebut akan berlaga di delapan kota meliputi antara lain Balikpapan, Palembang, Malang, Gresik, Probolinggo, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Balikpapan menjadi kota istimewa kali ini, dimana kota yang baru pertama kali dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan event tersebut terpilih sebagai lokasi partai pembuka padatanggal 6-8 Februari 2015, di DOME Balikpapan Sport & Convention Center. Menurut Hanny, selain menempatkan kota minyak Balikpapan sebagai lokasi pembuka, Pertamina Proliga 2015 akan ditutup di di GOR Among Rogo Yogyakarta, kota yang identik dengan pendidikan dan nilai budaya yang telah mendunia.
“Dengan dukungan ini, Pertamina ingin agar olahraga bola voli semakin digemari masyarakat dan memunculkan bibit-bibit pemain yang mampu berkompetisi di level Internasional. Dengan demikian, diharapkan kedepan prestasi olahraga bola voli Indonesia kembali diraih, minimal di level SEA Games dimana Indonesia pernah berjaya di cabang ini,” terang VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir.
Adapun, sambung Hanny, perubahan substansial pada aturan main kompetisi juga dilakukan, seperti kewajiban pemain asing untuk memiliki ITC ( InternationalTransfer Contract ) dan Kitas (kartu ijin tinggal sementara) sebelum tampil membelatimnya. “Ini salah satu perbaikan sistem yang kami lakukan.Tahun lalu, ITC dan Kitas masih bisa diurus sambil berjalan.Kali ini nggak bisa lagi karena kita nggak ingin pemain asing dadakan bermain di Pertamina Proliga 2015.”
Setiap tim hanya diperkenankan mendaftarkan maksimal 15 pemain termasuk dua pemain asing dari awal, dan setiap tim diperbolehkan mengganti pemainnya maksimal tiga pemainnya menjelang berlangsung putaran kedua yang akan digelardi Gresik 6 Maret 2015. Adanya perubahan –perubahan ini, lanjut Hanny , nggak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Pertamina Proliga 2015.
Event kompetisi Pertamina Proliga 2015 diyakininya akan berlangsung ketat, karena akan menjadi satu-satunya ajang seleksi pemain tim nasional yang disiapkan menuju SEA Games XXVIII tahun 2015 di Singapura. “PBVSI selaku induk olahraga bola voli nasional akan menyeleksi sebanyak 12 pemain putra dan 12 putri untuk SEA Games XXVII 2015 dari ajangPertamina Proliga 2015 ini sehingga persaingan setiap pemain akan semakin ketat.”

0 komentar :

Posting Komentar