Kamis, 12 Maret 2015

Ini Fungsi Tuas Tambahan di Stang Kiri Motor Lorenzo


Ini Fungsi Tuas Tambahan di Stang Kiri Motor Lorenzo

PALMA - Kecelakaan di Sirkuit Laguna Seca pada 2008 ternyata menyisakan masalah serius bagi pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo. Timnya melaporkan, pembalap Spanyol itu masih mencari cara mengerem motornya secara ideal.

Insiden kecelakaan yang mematahkan kedua kaki Lorenzo hampir lima tahun silam nyatanya membuat tim balap Yamaha kerepotan memodifikasi rem pada Motor Yamaha YZR-M1. Pada umumnya, pembalap menggunakan tuas pada kaki kanan mereka untuk mengoperasikan rem belakang.

Tetapi sensitivitas pada kaki Lorenzo tidak memungkinkan hal itu dilakukan. Kaki Lorenzo yang patah telah memaksa pembalap itu untuk meninggalkan tuas pada kaki kanan dalam pengoperasian rem belakang. (Baca juga : Lorenzo Pasti Keok Lawan Marquez)

Dalam wawancara bersama stasiun televisi Spanyol, manajer tim Yamaha Movistar, Wilco Zeelenberg mengatakan teknisi terus mencoba kemungkinan untuk memodifikasi tuas rem pada motor yang dikemudikan Lorenzo. Pada tahun lalu misalnya, teknisi menggunakan rem jempol yang dipasang pada stang motor agar dia tidak perlu menggunakan kakinya untuk mengoperasikan rem.

“Tahun ini kami menggunakan rem jari untuk Jorge (Lorenzo), di mana akan ada dua tuas di sebelah kiri stang motor YZR-M1. Tuas yang lebih besar, seperti biasa, adalah tuas kopling. Sedangkan tuas yang lebih kecil adalah tuas rem belakang,” kata Zeelenberg dalam wawancaranya, dikutip Crash, Kamis (12/3/2015).

Zeelenberg mengatakan, dengan posisi pembalap mengapit kedua lengannya pada tangki bahan bakar, akan sangat sulit untuk menggunakan ibu jari dalam mengoperasikan rem belakang ketika motor mencapai sudut kemiringan tertentu. Padahal, dia menjelaskan, pembalap biasanya menggunakan rem belakang ketika hendak mengurangi kecepatan di tikungan. “Kedengarannya sepele, tapi ini adalah masalah yang rumit. Ini adalah masalah bagi Lorenzo dan tim,” katanya.  

Dengan dimodifikasinya tuas rem belakang di sisi kiri stang motor Lorenzo, Zeelenberg berharap pembalap itu tidak menemui kendala saat mencapai sudut kemiringan. “Kami harus menghadapi fakta bahwa Lorenzo telah menerima semua modifikasi tim, tetapi sangat menyenangkan mendengar bahwa kakinya sudah semakin normal,” tutupnya.

0 komentar :

Posting Komentar